Hey You!

Foto Saya
North Bennington, Vermont, United States
17 years old looking for a fantastic journey of life! I am lively.

Rabu, 23 Maret 2011

Seleksi Pertukaran Pelajar AFS/YES/JENESYS 2012 - 2013!!!

source : babjakarta.org (visit here!)


14 Maret-17 April 2011 Bina Antarbudaya Chapter Jakarta membuka pendaftaran seleksi program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, Prancis, Swiss bagi siswa kelas 1 SMA/sederajat. Pendaftaran dibuka bagi kamu yang:
Warga Negara Indonesia
Sehat Jasmani dan Rohani
Siswa kelas 1 SMA / Sederajat (saat pendaftaran pada bulan April 2011 )
Aktif berkegiatan.
Mengikuti dan lulus proses seleksi bertahap yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
Mendapat izin dari orangtua dan sekolah
Tahun ini, formulir pendaftaran hanya tersedia secara online mulai tanggal 14 Maret - 17 April. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai proses seleksi:
1. Unduh / Download-lah:
Formulir pendaftaran (9 halaman) klik di sini atau di sini.
Surat keterangan akselerasi klik di sini atau di sini.
Panduan Pengisian Formulir klik di sini atau di sini.
Video Panduan Pengisian Formulir
2. Isilah formulir pendaftaran dengan mengacu kepada Dokumen dan Video Panduan Pengisian Formulir.Berikut beberapa contoh dokumen yang bisa menjadi acuan kamu:
Contoh formulir yang telah diisi
Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah
3. Lengkapi formulir pendaftaran serta siapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.
4. Serahkan 2 (dua) rangkap formulir yang telah diisi dan ditandatangani ke Sekretariat Chapter Jakarta. Tanda tangan yang tercantum harus asli (tidak boleh fotocopy) dan diserahkan dalam dua buah map biru Diamond.
5. Sebelum mengembalikan formulir, pastikan kamu telah memenuhi checklist yang terdapat di halaman terakhir formulir pendaftaran. Periksa kembali formulir dan dokumen yang dibutuhkan. Jumlah dokumen yang diperlukan hanya seperti yang tercantum, tidak perlu dirangkap dua.
4. Mohon pastikan agar hasil cetakan/ print-out terbaca dengan jelas. Tulisan tangan harus rapi dan bisa dibaca.
5. Formulir dikembalikan oleh siswa yang bersangkutan (tidak boleh diwakilkan) dengan membayar biaya pendaftaran Rp. 40.000,- di Jl. Limau No.22, Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130, pada:
Sabtu dan Minggu tanggal 19, 20, 26, 27 Maret, 2, 3, 9,10, 16, dan 17 April
Pk. 10.00 - 16.00
(Pengembalian juga dibuka di SMAN 2 Tangerang Selatan, pada hari-hari yang akan diinformasikan selanjutnya)
6. Kamu baru resmi terdaftar sebagai peserta seleksi pendaftaran jika kamu sudah mengembalikan formulir dan mendapat Kartu Tanda Peserta Seleksi. Jadi jangan lupa mengembalikan formulirnya ya .
7. Hari terakhir pengembalian formulir adalah tanggal 17 April.
Kalau di sekolah kamu ada kakak-kakak returnee program AFS/YES/ Jenesys, kamu bisa menanyakan langsung perihal program ini kepada mereka. Namun jika sekolah kamu ingin didatangi untuk mendapatkan presentasi mengenai kegiatan program/ pendaftaran seleksi ini, kamu bisa meninggalkan komentar di situs ini atau menghubungi Kak Wendy di 081310107638.
Informasi mengenai program dan FAQ akan dibuat dalam posting berikutnya. Jika kamu bingung, kamu bisa bertanya ke Kak Abimantrana (08159659532) dan Kak Wendy (081310107638). Jangan SMS ya, menelepon saja agar penjelasannya bisa lebih menyeluruh. Mohon juga untuk menelepon pada jam kerja, ya. Kak Wendy dan Kak Abi telah bersedia menyediakan waktu mereka di sela kegiatan perkuliahan dan pekerjaan mereka antara Pk. 09.00 - 19.00 (9 pagi - 7 malam)
The fun is actually on. Can't wait to meet you with your application !

FAQ

Hai semuanya. Tanggal 14 Maret - 17 April Chapter Jakarta membuka pendaftaran bagi siswa kelas X/1 SMA/ SMK/MA/sederajat boleh mendaftar untuk program pertukaran pelajar yang seru ini . Mau tau lebih banyak tentang program ini? Semoga tanya-jawab ini bisa membantu ya.

1. Apa sih AFS dan Bina Antarbudaya?
AFS adalah salah satu program pertukaran pelajar. Di Indonesia AFS punya rekan namanya Bina Antarbudaya yang setiap tahun memberangkatkan siswa SMA dari berbagai latar belakang budaya, ekonomi, etnis ke berbagai negara di dunia. Bina Antarbudaya berbasis relawan dengan 15 chapter di seluruh Indonesia: Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bogor, Bandung, Jakarta, Karawang, Semarang, Jogja, Malang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Samarinda.

2. Siapa yang boleh mendaftar?
Semua siswa yang duduk di kelas X/1 SMA/ SMK/MA saat mendaftar boleh mengikuti seleksi. Kandidat akan dipilih melalui tiga tahap seleksi. Pendaftaran tidak dibuka untuk siswa kelas XI/2 SMA

3. Saya siswa akselerasi, boleh mendaftar?
Boleh. Tapi jangan lupa isi Surat Keterangan Akselerasi ya. Surat ini hanya untuk mereka yang saat ini sedang mengikuti program akselerasi, kalau kamu aksel waktu SMP tidak perlu melampirkan surat ini .

4. Wah, susah ya pakai seleksi. Memang tahapannya apa saja?
Setiap chapter akan melakukan rangkaian proses yang sama:
Pendaftaran
Seleksi Tahap I: Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dan Essay Bahasa Indonesia - 1 Mei 2011
Seleksi Tahap II: Wawancara Kepribadian dan English Interview - 29 Mei 2011
Seleksi Tahap III: Dinamika Kelompok - TBC
Tahap Nasional: Seleksi Berkas
Untuk Program YES tambahan Seleksi Nasional.

5. Musti rangking dong?
Nilai raport dan performa akademis hanya menjadi salah satu elemen penilaian kami, tapi bukan satu-satunya. Tidak semua siswa yang rangking berhasil menjadi kandidat, tetapi semua yang menjadi kandidat pastinya berhasil menunjukkan mereka pintar dengan karakter mereka masing-masing.

6. Musti jago Bahasa Inggris dong?
Kamu belum tentu ditempatkan di negara berbahasa Inggris, jadi kesempurnaan berbahasa Inggris bukan yang kami cari. Selama kamu bisa menunjukkan kamu bisa berkomunikasi (setidaknya) dengan keterbatasan bahasa yang ada, seharusnya tidak ada masalah. Menurut pengalaman di negara tujuan selain bahasa, akan ada halangan budaya, kebiasaan, dan lainnya. Jadi setidaknya kami bisa memulai dari yang paling sederhana, kan?

7. Program pertukaran pelajarnya ke mana saja?
Kami ada 8 pilihan negara: Amerika Serikat, Jepang, Swiss, Jerman, Italia, Perancis, Norwegia, Belanda, dan Belgia. Untuk siswa akselerasi, pilihan negara hanya: Jerman, Jepang, Italia, Belgia, dan Belanda (referring ke Surat Pernyataan Akselerasi). FYI, kamu boleh memberi rekomendasi negara pilihan kamu saat telah menjadi kandidat, tetapi penempatan kamu di mana tergantung keputusan Dewan Juri Nasional dan kuota setiap negara.

8. Memang berapa yang terpilih untuk berangkat?
Kuota setiap tahun berbeda dan ini ditentukan banyak hal. Tetapi, jumlah siswa yang diberangkatkan dari seluruh Chapter untuk semua program ada di kisaran 80-100 siswa per tahunnya.

9. Tunggu, ini pasti ada biayanya dong?
Bina Antarbudaya adalah program nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya. Kami memastikan, bahwa siswa/siswi yang kami kirim merupakan siswa/i terbaik yang terpilih melalui seleksi, tanpa memandang latar belakang ekonominya. Dan siswa Indonesia yang layak berangkat datang dari berbagai keadaan ekonomi. Untuk saat ini biaya yang perlu kamu pikirkan hanyalah biaya pendaftaran Rp. 40.000,-. Beranikan diri kamu untuk mendaftar dan fokuskan diri untuk melewati setiap tahapan seleksi. Kalau kamu memang kandidat yang layak untuk berangkat, kami akan berusaha semampu kami agar kamu bisa berangkat walaupun ada keterbatasan biaya. Selama ini kami juga mencarikan sponsor dan melakukan subsidi silang dengan kandidat yang secara ekonomi lebih mampu.

10. Ah, tetap saja musti bayar kan, saya tidak akan mampu!
It breaks our heart to see if financial situation hinder you from applying, cause we will never know what you've got if you don't apply. Sekali lagi, ikuti tahapan seleksi dan tunjukkan kepada kami kamu layak berangkat. Kakak-kakak returnee yang sudah ada, datang dari berbagai keterbatasan ekonomi dan mereka berhasil menunjukkan kemampuan mereka dan akhirnya berangkat:). Seneng kan, kalau itu terjadi:).

11. Memangnya tidak ada beasiswa?
Program Bina Antarbudaya pada dasarnya adalah program beasiswa yang terbagi menjadi beasiswa parsial/ penuh. Di host country, host family dan sekolah melakukannya dengan sukarela.Kami memiliki berbagai sponsor untuk membantu pendanaan program ini dan memastikan siswa Indonesia bisa mengalami pengalaman antarbudaya. Sponsor kami datang dari berbagai perusahaan, individu, pemerintahan negara tujuan, dll.

12. Beasiswa yang ada apa saja?
Program YES : disediakan oleh US State Department untuk negara dengan populasi muslim yang signifikan. Pemilihan dilakukan lewat seleksi di tingkat nasional bagi kandidat chapter yang telah dipilih.
Telkomsel School Community(TSC)-AFS Scholarship: kandidat nasional yang adalah anggota TSC akan diajukan untuk menerima beasiswa ini. Kamu bisa mendaftar sebagai TSC dengan:Ketik "SEKOLAH SCHOOL ID" dan kirim ke 4545 atau kirim identitas diri dan sekolah kamu melalui e-mail ke tsc@telkomsel.co.id

13. Apa saya bisa memilih lebih dari satu program?
Bisa, seperti halnya pemilihan negara, kamu boleh memberikan rekomendasi program yang kamu inginkan, tetapi keputusan penempatan program bergantung kepada hasil tahapan seleksi dan rekomendasi tim juri. Program yang kami tawarkan di tahun ini:
AFS: Program pertukaran pelajar selama 11 bulan ke sembilan negara: Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Belanda, Swiss, Norwegia, Italia, Perancis, Belgia.Keberangkatan : Maret (Jepang) & Agustus / September (Eropa & A.S) ; Waktu Kedatangan:Februari(Jepang) & Juli (tahun berikutnya)
The Kennedy-Lugar YES Program: Program beasiswa pertukaran pelajar dari US State Department bagi pelajar dari negara dengan populasi penduduk Muslim yang signifikan. Pelajar dari tingkat chapter akan melalui seleksi tambahan di tingkat nasional sebelum akhirnya terpilih dalam program ini. Selama 11 bulan siswa akan tinggal dan melalui kehidupan sebagai pelajar di berbagai negara bagian di Amerika Serikat dalam menjalani misi pemahaman budaya. Berangkat: Agustus, Kepulangan: Juli tahun berikutnya
JENESYS Year Program: Program beasiswa dari Pemerintah Jepang melalui AFS Jepang yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kerjasama antara masyarakat Jepang dengan negara-negara di Asia Pasifik. Berangkat: Maret, Kepulangan: Februari.

14. Saya tidak tinggal di Jakarta, apa saya masih bisa mendaftar?
Ya, kamu bisa mendaftar ke chapter yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu. Daftar chapter bisa kamu lihat di sini. Ingat, cari yang paling memudahkan kamu, karena selama proses pendaftaran hingga akhirnya terpilih sangat mungkin kamu diminta untuk datang ke chapter setempat. Kalau kamu merasa akses yang termudah adalah ke Jakarta, kamu boleh saja mendaftar di Chapter Jakarta. Tanggal pendaftaran di setiap chapter berbeda-beda, harap menghubungi chapter masing-masing secara langsung mengenai jadwal yang lebih akurat.

15. Lalu sekolah saya di sini?
Kami akan meminta kamu untuk mengajukan cuti sekolah bila sudah mendapatkan penempatan. AFS adalah school based program, tetapi bukan academic oriented program. Kami meminta setiap exchange student yang sudah menyelesaikan program dengan Bina Antarbudaya untuk kembali ke sekolah masing-masing dan meneruskan proses edukasi mereka sembari membagikan pembelajaran dan pemahaman budaya lewat keseharian di lingkungan terdekat termasuk sekolah.

16. Apa program ini diketahui oleh Dinas Pendidikan?
Ya. Tetapi karena Bina Antarbudaya adalah yayasan independen yang tidak tertaut dengan institusi mana pun. Kami secara resmi menginformasikan perihal program ini kepada Departemen Pendidikan Nasional karena program ini berbasis sekolah, sesuatu yang berhubungan erat dengan Depdiknas. Namun, dalam pelaksanaannya, program ini dilakukan secara independen.
Semoga cukup ya. Kalau kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, langsung saja unduh formulir dan ikuti tahapannya lalu mendaftar ke Chapter Jakarta. Kami tunggu ya!:)


Ayo adik-adik, teman-teman, semuanya DARE TO DREAM!!!

93 komentar:

malia mengatakan...

kak kalau masih umur 14thn tapi sudah kelas satu sma, gimana? apa bisa ikut?

Nadia Shifa mengatakan...

kamu siswa akselerasi atau bukan? Setau saya sih kamu bisa ikut karena kamu kelas 1 SMA :) Tapi untuk amannya langsung tanya ke kantor Nasional/Chapter aja ya. Kamu tinggal dmn?

malia mengatakan...

sayangnya bukan kak :(
hee lia tinggal di Denpasar, chapter trdekat yah di Surabaya kak. tapi bingng juga mau nanya ke web yg i chapter surabaya. ga ada tempat ninggalin comment nya..

Nadia Shifa mengatakan...

Hmm, kamu ada twitter? Setau saya mereka ada di @afssby dan mereka jg ada facebook...dicoba aja! :D

fuji lestary mengatakan...

kak, mau tanya, tes pengetahuan umumnya tu pengetahuan umum dunia atau pengetahuan umum indonesia ?

Nadia Shifa mengatakan...

@fujy : dua-duanya :) dan gak semuanya tentang topik yg serius, biasanya ada juga ttg pop culture, dll. Yg penting sering-sering baca koran, nonton berita dan keep update! :)

AyunYun mengatakan...

Kalau jumlah soal pilihan gandanya berapa soal yah kak ? terus essay nya gimana ?

Nadia Shifa mengatakan...

@ayun : waduh, aku lupa berapa soal ya udh 2 taun yg lalu hehehe :p essaynya personal kok, ttg diri km sendiri so be yourself :D

malia mengatakan...

ya sya jd ikt kak :D
bsk uda test chapter surabya. mohon doanya ya kak? :D

Inez Meylany mengatakan...

Aku masih kelas 3 smp *bentar lagi lulus* berarti untuk daftar aku mesti nunggu tahun depan ya kak??

Nadia Shifa mengatakan...

Inez : Yup! :)

r!znHa_r3zp3Ctor mengatakan...

k kan skarang aq kalz x
truz klo ntar th 2012 aq klaz xi, jd gmana? kra2 bz gk?

H. Tarmuji mengatakan...

Anak saya M.lutfi R. adham sekolah di pesantren Amanatul Ummah pacet mojokerto, bulan lalu bilang mau ikut seleksi pertukaran pelajar ke Amerika tapi sampai sekarang belum ada berita, kapan kira2 bisa tau anak saya lolos apa gak, makasih atas infonya

Nadia Shifa mengatakan...

@ Bpk. Tarmuji : Waktu itu anak bapak daftar di chapter mana? Surabaya atau Malang mungkin? Biasanya hasil seleksi tahap pertama memang makan waktu paling lama, karena panitia harus menyaring seluruh peserta. Untuk lebih jelasnya mungkin bapak bisa hubungi chapter terdekat :) Best luck for your son!

INdra kernzz mengatakan...

kak cara daftar gimana kak.saya tinggal d makassar terus umur saya 15 thn.saya kelas 1 sma dan dinamika kelompok itu.. kayak gimana yahh.

Fajar mengatakan...

Ka klo thun ajaran 2010/2011 aku klas 8, kira2 tahun dan bulan apa aku bisa daftar..?

Ifany mengatakan...

GOD! aku telat bacaa.... :(
ketinggalan berita banget, kira2 tahun depan ada lagi gak yah kak??

Nadia Shifa mengatakan...

buat yg skrg masih kelas 1 sma, tenang ya seleksi akan diadakan tahun depan sekitar bulan april/may :) tp untuk pastinya silahkan cek ke chapter terdekat yaa. Di seluruh Indonesia ada kurang lebih 15 chapter (Aceh Medan Padang Palembang Samarinda Jakarta Karawang Bogor Bandung Jogjakarta Semarang Malang Surabaya Makassar) karena tiap chapter tanggal seleksinya berbeda2. Semangat!

Admin mengatakan...

Thun 2013 kira2 brpa org yg akan dtrbangkan ka...?

"antusias bgt niih"

Nadia Shifa mengatakan...

soal kuota itu urusannya sama kantor nasional ya :)jgn dipikirin dulu soal itu, yg penting ikutan dulu! :D

Admin mengatakan...

Oh gtu yah ka, ya udah nanti coba iktan...tp msh lama, nanti thun 2013...

avian munez mengatakan...

kak, alamat chapter di surabaya thu dimana .? sma di malang .??

deasabrina mengatakan...

kak, kalau kelas akselerasi bisa nggak? pendaftarannya kapan lagi ya, kak? soalnya telat baca.. makasih
:)

deasabrina mengatakan...

kak, kalau siswa akselerasi, bisa tidak, kak? pendaftarannya sdh lewat ya, kak? adanya kapan lagi, kak? soalnya sy telat baca. makasih, kak.
:)

Revi Sabilia mengatakan...

kak, disitu kan ditulis kalo YES, masih harus seleksi nasional,berarti klo AFS nggak usah seleksi nasional, langsung seleksi berkas ? trus seleksi dinamika kelompok itu gimana ?

Nadia Shifa mengatakan...

jadi pendaftaran itu dibuka tiap tahunnya sekitar bulan maret/april. Pada tahun yg bersangkutan kalian harus masih duduk di kelas 1 SMA. Akselerasi jelas boleh ikut :)

Revi : Yap, kalo YES bakal ada Camp seleksi nasional, kalo AFS hanya tinggal menunggu hasil dari seleksi berkas aja. Dinamika kelompok itu adalah saatnya cara kalian bekerja dalam kelompok/bersosialiasi dilihat sm para juri :)

Dina mengatakan...

mau nanya nih..
ini programnya cuma 11 bulan aja ya?gak full 3 tahun?
trus skrg kan saya kelas 1 sma tapi karna telat daftar,jadi mau ikut yang tahun depan.kan bukanya sekitar bulan april,berarti masih kehitung kelas 1 sma kan?
trimakasih :D

Nadia Shifa mengatakan...

intinya kalau tahun depan bulan april kamu masih kelas 1 sma, masih bisa ikut.

My Blog mengatakan...

ka kira2 kalo tahun 2013 pembukaan pendaftaran bulan apa2 aja? trus daftarnya dimana?

Nadia Shifa mengatakan...

pendaftaran dibuka sekitar maret - april, soal tempat pendaftaran bisa di cek ke kantor chapter terdekat :)

dillasilala mengatakan...

kak kalo prtkaran pelajar untuk tahun 2012,kira2 dftar ny kmana yaa kk?? mhon infonya ya kk :)

Nadia Shifa mengatakan...

untuk skrg blm ada pengumuman resmi kapan akan dibuka tp biasanya sekitar bulan maret-april. daftar alamat chapter di tiap kota bisa dicek di bina-antarbudaya.info oke ;)

Shinta mengatakan...

kak, jadi bulan maret-april itu mulai dibukanya pendaftaran sekaligus seleksi ya? jadi intinya pendaftaran ga bisa dilakukan sebelum skeitar maret-april dong kak? btw, kalo untuk periode keberangkatan 2012 kan kata kakak belom ada info lagi, nah itu infonya kira-kira kapan munculnya? dan di mana bakal diposkan info tsb? Terima kasih kaaak, maaf banyak tanya :)

Nadia Shifa mengatakan...

@shinta : iya pendaftaran tdk bisa dilakukan sblm pendaftaran dan seleksi dibuka.infonya mungkin muncul sekitar sebulan sblm seleksi dimulai. soal kapan dibukanya, mungkin bisa di follow akun twitter yayasan bina antarbudaya di @binabud dan bagusnya sih follow twitter chapter kota kamu juga untuk lebih detailnya, yg bisa di search di akun @binabud juga :) goodluck!

Ampeldenta Shofia Ikranegari mengatakan...

wah, aku ketinggalan baca ! :((
buat 2012 ada gak ? tesnya kapan ya ?
makasih :)

Masmedia Suhartanti mengatakan...

hallo kak :D
kalo aku tinggal di batam kepulauan riau , terus gimana dong kak daftar nya ?
terimakasih :)

Nadia Shifa mengatakan...

@masmedia : pilih chapter terdekat aja! hehe ada chapter medan, chapter padang, chapter aceh, chapter palembang :)

Putri Marissa mengatakan...

kak program yg buat kls 2 SMA bnr2 gak ada ya?

Hardiyanti Puspaningrum mengatakan...

mba apa semuanya dibiayai?

Hardiyanti Puspaningrum mengatakan...

mba apa aja yang dibayai?

Nadia Shifa mengatakan...

@putri marissa : nope, ngga ada. kecuali bisa ikut aktif bantu volunteering atau kerja sukarela karena Bina Antarbudaya kan sifatnya non profit, jd selalu terbuka thdp bantuan :)
@hardiyanti : aduh pertanyaannya luas banget ya, tapi (lagi-lagi) saran saya jangan mikirin kejauhan dulu soal biaya nantinya gimana, blablabla ikut aja dan daftar dulu tesnya, percaya anda punya banyak waktu untuk khawatir soal itu belakangan :) perjalanannya sangat panjaaang! :) :p

Hafidz M.Y mengatakan...

ka, itu syarat 15 tahun pas 14 april kan? saya 26 februari 97 , bisa ikut ga ?

The Shining Diamond mengatakan...

kak, saya tinggal di jogja. lalu apakah ada chapter di sini ? dan saya juga tidak terlalu mahir berbahasa inggris.tapi ingin sekali ikut mencoba AFS

The Shining Diamond mengatakan...

kak saya tinggal di jogja, chapter terdekat dimana ya ? dan saya juga tidakmahir berbahasa inggris, tapi ingin sekali mencoba pertukaran pelajar karena ingin mencari pengalaman untuk mengambil beasiswa di luar

Nadia Shifa mengatakan...

@hafiz : kalau km masih kls 1 sma, bisa.

@the shining diamond : ada chapter jogja. coba di search di google atau twitter pasti ada informasinya. ngga perlu mahir berbahasa inggris kok, namanya juga masih belajar :)

Shylvia the Autis Girls mengatakan...

kak, tahun ini ada pendaftaran ga? terus cara ngedownload formulir nya gimana? terimakasih

Lika Liku-Liku mengatakan...

kak,tlg ksh kisi kisi tes ipu n prtanyaan wwancara thp 1 dong
sy pngen cb

(sahirauffa@yahoo.co.id)

Fajar mengatakan...

Ka nadia, di YES kan
Berangkat: Agustus,
Kepulangan: Juli tahun
berikutnya

nah berarti pas berangkat sudah kelas 2 dan pulang kelas 3 dong?

Nda Nda mengatakan...

kaka , aku mau ikut yang tahun ini, tapi aku baru 15 tahun pas nanti september, gimana ka ?

Safira Alya Dhiyani mengatakan...

Tes IPU-nya isinya apa aja kak? tahun 2011 beritanya politik mulu kan soalnya, jadi nggak ada bayangan kak. Masa nanti isinya gayus2an :(

Nadia Shifa mengatakan...

@all : pendaftaran akan segera dibuka, biar ga ketinggalan silahkan follow @binabud yaa. soal tes pengetahuan umum, tenang aja ngga akan aneh2 kok pengetahuannya, yang wajar wajar aja. pede aja lagi :)

J Daniswara Balabritaa mengatakan...

kak, mau tanya. . . untuk formulir formulirnya bisa download online apa bisa ambil ke chapter yang terdekat??

makasih

Nadia Shifa mengatakan...

untuk formulir akan bisa diisi online mulai tgl 15 maret. silahkan follow @binabud for more info dan jangan lupa check website juga yaa!

bia Bea mengatakan...

kak, saya lahir ny juli 98, saya udah lulus tes sma,tapi blum lulus smp (tamat) bsa gak ikut program ini?

bia Bea mengatakan...

kakak, saya lahirnya tahun 98 juli
saya udah lulus tes sma tapi, belum lulus smp. jadi bisa gak ikut program afs. maksud kelas akselerasi itu apa ya kak?

bia Bea mengatakan...

kak,saya lahir juli 1998,saya udah lulus tes sma, tapi saya belum lulus smp,jadi bisa gak daftar dan ikut program ini? kan perginya bulan agustus jadi di bulan agustus itu udah kelas 1 sma kan,

bia Bea mengatakan...

kak,saya lahir juli 1998,saya udah lulus tes sma, tapi saya belum lulus smp,jadi bisa gak daftar dan ikut program ini? kan perginya bulan agustus jadi di bulan agustus itu udah kelas 1 sma kan,

bia Bea mengatakan...

kak,saya lahir juli 1998,saya udah lulus tes sma, tapi saya belum lulus smp,jadi bisa gak daftar dan ikut program ini? kan perginya bulan agustus jadi di bulan agustus itu udah kelas 1 sma kan,

Nadia Shifa mengatakan...

tidak bisa, kamu daftar taun depan ya! :)

We Want The Airwaves Back mengatakan...

Kak. yang Jenesys itu berangkat 2013 pulang maret 2014? Gak ada program jangka pendek ga kak?

Annisa Miftahul Jannah mengatakan...

aduh telat informasi,
kak , di atas kan trtulis yang ingin didatangi ke sekolah2 slkn post comment.lalu bisakah kakak2 dtg ke sekolah saya? SMA N 2 Bandar Lampung.
terimaksh

Nadia Shifa mengatakan...

untuk program jangka pendek jenesys ke Jepang sudah berakhir taun ini, tapi ada AFS ke Jepang kok :)

Untuk sekolah yang mau dihubungi, silahkan hubungi ke chapter terdekat ya! Pasti akan diusahakan sebisa mungkin untuk mendapat sosialisasi.Untuk bandar lampung, bisa coba hubungi kakak2 di chapter palembang mungkin? good luck! :)

Khairul Rizki mengatakan...

kak, kalau kemampuan bahasa inggrisnya masih kurang lancar masih ada kesempatan diterima gak?

Nadia Shifa mengatakan...

bisa bangeeeeeet!!! ikut yah!!

Lika Liku-Liku mengatakan...

Kak mau tanya ,ke luar negeri setahun itu gak ngerugiin umur?

Lika Liku-Liku mengatakan...

kak mau tanya,ke luar negeri setahun itu gak ngerugiin umur?

Nadia Shifa mengatakan...

buat gue engggak sama sekali, karna semua pengalaman yang gue dapet itu priceless, ga semua orang dapet kesempatan ini. I got tons of experience, lots of new friends, a new family, and a place that I can call home :) Gue punya Mama, Mom, Papa, Dad, abang gue, dan dua sister gue Kati dan Zoe. Gue belajar hal-hal yang ga mungkin gue dapetin kalo gue ngga ikut program ini. Jadi, buat gue gue ikut program ini enggak rugi sama sekali :) dan gue juga punya keluarga baru; AFS dan Bina Antarbudaya family! FYI pada tau nggak sih alumni AFS itu siapa aja? Taufiq Ismail (ya, maestro penyair yang puisinya sering banget ada di soal-soal bahasa indonesia :p) Najwa Shihab, Chantall Della Concetta, Valerina Daniel, Indra Herlambang, Uli Herdinansyah, Rissa Susmex, Joko Anwar....dan juga Mario Teguh! dan masih banyak lagi

Lika Liku-Liku mengatakan...

Kak gimana adaptasi disana kalo kita muslim?
maaf kak banyak tanya,hehehe

Tasya Ghonia Alma mengatakan...

ka, tanya, msalah biaya, wktu itu ka2k kluarin biaya brp ya? aq takut klo ortu g ijinin karena biaya adek2ku btuh bnyak. trims

Tasya Ghonia Alma mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Tasya Ghonia Alma mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Nadia Shifa mengatakan...

Buat semuanya, sekali lagi Yayasan Bina Antarbudaya adalah yayasan nirlaba dimana pihak yayasan tidak bertujuan untuk mencari laba/keuntungan. Untuk siswa/siswi yang akan diberangkatkan akan dipastikan kalau mereka itu memang yang pantas dan terbaik tanpa memandang latar belakang ekonomi, untuk itulah diadakan tahapan seleksi :) Untuk saat ini, biaya yg harus dipikirkan cuma Rp 50.000 aja untuk beli PIN untuk mendaftar secara online. Intinya, jangan pikirin biayanya, perjalanan kamu masih sangaaaaat jauh.Jangan sampe ketakutan soal biaya mencegah kamu dr daftar ya!Ini kesempatan sekali seumur hidup jangan sampe itu mencegah kalian :) kalau kamu memang pantas untuk diberangkatkan, pihak yayasan akan berusaha keras untuk memberangkatkan kamu walaupun ada keterbatasan biaya sekaligus. okaaay? good luck!

Ifany mengatakan...

Waw! Can't believe!
Tahun kemaren aku comment di blog ini, sedih banget karena telat daftar. ternyata, tahun ini akuuuuuuu ikutan loh :")
Doain yah kak! Makasih :)

Esti Puji mengatakan...

kak, mau tanya. Kalau kita muslim adaptasi di sana gimana? Terus, bedanya AFS sama YES itu apa? Makasih :D

Nadia Shifa mengatakan...

untuk adaptasi sih sebenernya semuanya balik ke anaknya sendiri ya, yg penting sih stay positive aja sebenernya :) perbedaannya afs sm yes, penyelenggaranya beda, negara partisipannya beda.

Magic mengatakan...

Kak, itu waktu daftar, harus ada lampiran dokumen gitu g? kayak ijazah sama SKHU gitu
dijawab ya kak! soalnya aku pengen ikutan :D

Nadia Shifa mengatakan...

ada, bisa langsung dicek di website bina antarbudaya tau chapter terdekat. FYI buat semuanya, post di blog ini adalah ketentuan tahun lalu untuk tahun ini berbeda. Silahkan check ke website/chapter terdekat. Buruan loooh tgl 15 tutup!

Thresa Putri Berliana mengatakan...

kak, kalau soal soal tes nya susah nggak? bales ya

WM marbun mengatakan...

aku bolehh ikut gk ??

safa syabila mengatakan...

kak aku dah prnh denger infonya tapi aku gk tau pembukaannya kpn!
kira-kira klo aku mau daftar lgi bsa gk kak please bales ya kak

Riddddddddddddddddddddd's mengatakan...

Sorry nih kak aku mau tanya, apasih yang paling berat dan susah untuk tinggal di negeri orang lain ?

Riddddddddddddddddddddd's mengatakan...

Sorry kak aku mau tanya, Apa sih rasanya tinggal di negeri lain ? Suka dukanya apa ? Apakah susah untuk menyesuaikan diri ?

Nadia Shifa mengatakan...

hmm coba aja baca tulisan aku di blog ini selama aku setahun disana, keliatannya gmn? hehe

ayu awin mengatakan...

kata nya setiap tahun ada yah , berarti saya boleh ikutan donk tahun depan.........(˘ʃƪ˘)

ayu awin mengatakan...

katanya setiap tahun ada yah, berarti tahun depan saya bisa ikutan .

Isca Amanda mengatakan...

kak, mau tanya nihh, beli PIN bole nitip sama keluarga yg kotanya ada Chapter ga (bukan aku langsung yang daftar)? soalnya chapter terdekat ku itu di Palembang :( terus harus bolak-balik ke chapter juga ya untuk ikut seleksi? gak bisa di kota asal, di Lampung gitu misalnya ?

makasih kakak sebelumnyaa ^_^

Kurohime Sama mengatakan...

Permisi, kak.
Numpang nanya. Yang tahun depan kelas 2 SMA 2013 bisa ikut program ini tidak? Terus Kapan daftarnya di tahun 2013?
Saya telat daftar, kak.
Tujuan saya ke Jerman.
Tolong dijawab, ya, kak!
Terima kasih, Kak Nadia :)

Kurohime Sama mengatakan...

Kakak, mau tanya.
Apakah tahun 2013 ada pendaftaran?
kapan pendaftaran dibuka lagi?
dan kalau sudah kelas 2 SMA boleh ikut?
Saya kelas 1 SMA, mau pertukaran ke Jerman.
Tolong jawab ya, kak.
Terima kasih :)

Trio Adi Kuncoro30 mengatakan...

kak, saya mau ikut, ada gk daftar.na online gitu biar mudah., :))

Trio Adi Kuncoro30 mengatakan...

kak, saya sangat tertarik ikut program ini, saya sudah search hampir 2 tahun tentang informasi pendaftaran, apa gk ad pendaftaraan yg onlie??

Kurohime Sama mengatakan...

Kakak.
Bagaimana kalau telat daftar.
Kelas 2 SMA msaih bisa gak?
Kapan pendaftaran berikutnya? Mohon jawabanyannya.
terima kasih, kak :)

Ratu Aprilia Senjaa mengatakan...

kak sekarang aku kelas 1 SMA, brarti thn dpan bisa ikut yaa?
kira2 pendaftaran tahun depan kapan dibukanya?

Ryvia Febyola mengatakan...

Kak, aku mau tanya donk. Sekarang saya kan kelas 9. Untuk tahun ajaran depan itu ada nggak buat beasiswa melalui chapter palembang? Dan biasanya pendaftaraan dibuka bulan berapa ya kak?