Hey You!

My photo
Jakarta, Indonesia
a sucker for city lights.

Thursday, December 29, 2016

Aku dan Transportasi Umum; A Complicated Relationship

iya, walau single, tapi gue juga punya hubungan yang kompliketit (baca : complicated)

yaitu antara gue dan transportasi umum.

hukum rimba

Sebagai native Bekasians, gue sudah terbiasa menempuk jarak jauh tiap harinya. Ya gimana enggak, rumah selalu di Bekasi, tapi SD gue di Menteng, SMP - SMA di Salemba (dan US #pamer), plus kuliah di Depok. Jadi dari kelas 1 SD pun gue udah biasa untuk bangun dan berangkat pagi buta, yang kebawa sampe sekarang. Gue sendiri mengklasifikasikan diri gue sebagai nurtured morning person, alias morning person karena keadaan. I meaaaan....bukankah kasur terasa paling nikmat di pagi hari sebelum harus bangun? Dan betapa nikmatnya ketika lo bisa leha-leha lebih lama karena jarak rumah dan sekolah lo gak lebih dari 20 kilometer.

Berhubung bokap dan nyokap gue dua-duanya bekerja, dari SD gue sudah mulai dibiasakan buat pulang sendiri walaupun jarak Jakarta - Bekasi lumayan banget. Tapii ya pelan-pelan. Gue biasanya mampir dulu ke rumah uwak gue di Menteng yang bisa jalan kaki dari sekolah bareng kakak gue, kemudian sorenya baru dijemput dan kami pun kembali ke rumah. Pas udah agak gedean kelas 5-6, kita coba rute lain yaitu naik angkot 58 dari UKI sampe deket rumah dilanjut ojek. Ke UKI nya tentunya sama bokap. Sempet sih beberapa kali bokap ngajarin naik metromini dan bus ke UKI nya, tapi entah seinget gue ngga pernah terealisasikan karena gue selalu ngeri jatoh kalo naik metromini gitu, ya namanya anak esde. 

Pas udah SMP, kebetulan rutenya enak sekali yaitu tinggal naik angkot dari seberang sekolah persis, dua kali disambung ojek taraa sampe deh di rumah. Jadi lah gue anak angkot dari SMP sampe SMA (secara SMA gue didepan SMP gue persis). Lewat angkot ini lah gue banyak pengalaman, mulai dari yang serem, lucu, traumatis, dan yang lain-lain. Rute angkot gue ini menyusuri Kalimalang, jadi gue akrab banget sebenernya sama kawasan Kalimalang. Makanya sekarang pas Kalimalang lagi dirombak abis-abisan gue rada sedih gimana gitu haha a piece of my life will be changed, completely changed. Rute pulang gue kadang ganti, kalo lagi biasa-biasa aja ya angkot lanjut ojek, kalo lagi hemat angkot lanjut angkot lagi (jadi 3x angkot) pernah juga 4x angkot kalo males jalan jauh. Pernah juga naik bus AC63 lanjut angkot, tapi mahal dan luama. Pernah juga nebeng temen sedaerah (haaiii Dewi &Jene!) ahaha nebengnya gatau diri tapi hampir tiap hari, maafkan yah T.T 

Kayaknya sepanjang perjalanan gue commuting tiap hari, paling enak cuma pas gue kelas 3 SMA dimana bokap gue udah pensiun jadi gue bisa dijemput tiap hari (walaupun kemudian gue disuruh bawa mobilnya buat ngelancarin nyetir). Sebelum itu gue berkawan sama angkot, ojek, kadang bus, dan transjakarta. Jaman dulu belom sering ada berita serem kayak perkosaan di angkot gitu-gitu, jadi gue dulu lumayan selo naik angkot jam 9 sekalipun. Paling banter tuh cerita maling (dimana gue juga pernah dimalingin T.T)

Pas kuliah, semester awal gue masih optimis karena baru lancar nyetir jadi bawalah si Vanilla ngampus. Eh terus akibat gue kecapean rapat ampe malem trus pagi berangkat kuliah, drop lah gue kena combo DBD & typhus sekaligus. Itu pun gue sampe rada trauma nyetir karena pas sebelum completely drop gue nyetir balik dari Depok itu penuh perjuangan banget dengan kepala keliyengan dan badan gemeteran. Semester selanjutnya, karena gue ikut salah satu kepanitiaan heboh di kampus jadi lah gue unjuk rasa minta ngekos. Dikabulkan untungnya, dan menikmatilah gue kehidupan ngekos yang asik-asik anyep. Asik karena literally bisa bangun jam 8 (padahal kelas jam 8) dan tetep bisa masuk kelas. Asik bisa nginep nginep lucu di kosan temen. Asik banyak waktu bobok siang. Tapi anyepnya, harus rajin nyapu ngepel dan nguras kamar mandi kalo pengen hidup layak. Harus nenteng laundry ampe 4kg kalo pengen kuliah dengan komposisi baju yang baik dan benar. Harus tahan godaan jajan cilok, dimsum dan Owol kalo pengen akhir minggu ga makan nasi sama tahu doang di warteg. 

Setelah gue lelah dengan kehidupan nguras kamar mandi, gue pun memutuskan untuk commuting lagi, kali ini naik commuter line. Ini juga super enak sih, murah banget, kereta pun udah enak, trus gue dianter dan dijemput dari stasiun. Cuman negatifnya gak bisa balik terlalu malem-malem banget which is fine karena gue juga udah mulai menua gak kuat maen malem-malem #jompo

Nah sekarang di saat gue sudah memasuki usia kerja, kantor gue berlokasi lumayan jauh dari rumah, di kawasan ring 2 Senayan #ea. Dan kurang lebih sebulan awal itu gue struggling dengan transportasi umum, makanya gue terinspirasi untuk nulis entry satu ini.

Di beberapa bulan pertama kerja, gue mencoba naik transjakarta disambung angkot. Cukup lumayan, tapi gue harus bangun pagi karena nebeng bokap sampai halte BNN, trus gue harus naik angkot dan jalan ngelewatin pasar basah. Agak garing memang hari pertama gue kerja yang udah cakep (ga deng) trus gue ngelewatin deretan bak sampah, tukang sayur mayur, dan.... los daging dan ayam. Heee. Alhasil sampe kantor udah awut-awutan lagi.

Berhubung gue datengnya pagi pas pake rute transjakarta + angkot ini, gue pun memilih pulang agak sore. Nah, kala itu gue masih polos dan memilih naik transjakarta lagi. Bad choice. Slipi Petamburan - BNN Cawang.... 3,5 jam sendiri. A-LIG. Itu pun gue masih harus 1 jam lagi baru sampe rumah. Tevvas.

Kemudian gue mulailah mengeksplor kemungkinan lain. Naik kereta memang gue coret dari awal karena males mesti transit-transit. Cobalah gue naik transjakarta lagi tapi rutenya dari St. Palmerah - Tosari ICBC baru naik yang ke Bekasi Barat. Murah banget bok, cuma 3500 sampe Bekasi dan most likely bakal dapet duduk. Gue pun memilih pulang sore naik ini.

Tapi tentu ada tapinya...

Rute ini MAKAN WAKTU. Banget. Dari Palmerah ke Tosari paling cepet itu 30 menit, paling lama bisa 45 menit - 1 jam. Padahal gitu doang rutenya, buset dah. Itupun sampe Tosari, gue masih harus ngantri desek-desekan menunggu bus datang dan pas dateng harus Hunger Games dulu baru dapet duduk. Dan setelah duduk manis, barulah bus menempuh jalan pulang hampir 2,5 jam *disclaimer : Ini gue naik di rush hour memang, biasanya kedapetan bus transjakarta yang jam setengah 6/jam 6. Pegel banget bo. Mana kursinya not exactly empuk ya kan. Gue pernah terjebak selama LIMA JAM naik Transjakarta dari Tosari sampe Bekasi. Literally gue naik jam 5, pas turun di Bekasi udah setengah sepuluh. Itu segala model duduk udah gue cobain, hiburan mulai dari main hape sampe cekakakan sendiri ngeliatin pegangan tangan. Dari pake cardigan, cardigan dilipet, cardigan dipake lagi, copot lagi, masukin tas, keluarin lagi, dipake lagi, sampe dilipet lagi. Puyeng.

Gue masih belum menyerah mencari rute yang paling enak dan nyaman. Ini penting banget sih karena gue gampang banget moody sama kejadian di perjalanan, yang mana gue ogah dong ngantor dengan bete atau sampe rumah bete. Suatu hari di bulan Ramadhan, setelah bukber di kantor pusat, gue memutuskan ngegojek sampe Semanggi trus liat ntar naik apa. Kala itu gue menemukan lah feeder Transgalaxi yang pernah diceritain temen gue, dan naik lah. Penuh sih dan gue berdiri, tapi bok supirnya lincah bak ninja, kurang dari sejam kemudian gue udah mendarat di Bekasi. Luar biasa. Sejak saat itu gue terpesona #gakdeng kalo sebenernya perjalanan pergi dan pulang gue bisa kok gak menyiksa. Dan akhirnya disitulah hati gue bertambat. Duo maut Transgalaxi (or any other feeder to Bekasi Barat, really) plus Go-Jek dengan fitur andalan kesayanganku, Go-Pay jadilah kehidupan commuter gue extra nyaman dan cepat. Harganya memang lebih mahal tapi worthed dengan mood gue yang selalu oke, gue gak perlu bangun pagi buta, dan bisa istirahat pula di atas busnya.

Coba ya gue rangkum pilihan transportasi ke Bekasi (asumsi dari Jakarta Pusat/Jakarta Selatan) yang telah gue jajal :

TRANSJAKARTA
Pro : Murah, relatif nyaman, merasa bangga turut berkontribusi mengurangi kemacetan #serius
Cons : L A M A

BUS KOTA (MAYASARI BAKTI 05)
Pro : Relatif cepet, paling murah dibanding bus sejenis (feeder), lumayan banyak armadanya.
Cons : Kursi dan busnya kurang nyaman, plus hiburan di dalemnya suka bikin sakit kuping (baca: pengamen)

FEEDER : TRANS KEMANG
Pro : Nyaman, literally gue hampir selalu bobok kalo naik ini. Armadanya cukup banyak.
Cons : Harga lumayan mahal, aislenya agak sempit, agak lelet (soalnya busnya gede jd ngangon penumpang mulu) plus dia gak sampe Galaxi (yaeyalah)

FEEDER : TRANS SUMMARECON
Pro : Nyaman pewe banget, aislenya luas, AC dingin, playlistnya okeh, cepet karena abangnya kayaknya ga doyan ngetem. Sering kosong juga
Cons : Mahal (paling mahal dibanding feeder lain), ga nyampe Galaxi (YAEYALAH). Pilihan gue kalo lagi mau pulang cepet nyaman tanpa saingan.

FEEDER : TRANS GALAXI
Pro : Sampe Galaxi alias hanya 3 menit saja dari rumah w, armada pagi lumayan banyak. Aislenya ga gede tapi ga sesempit Transkemang. Harga paling murah dibanding Feeder lain. Lumayan cepet karena busnya kecil dan abang supirnya alig semua. Dia juga yang masih ada sampe malem.
Cons : Armada busnya BAPUK. Yang bagus sepanjang percobaan gue cuma 2 atau 3 sisanya baaapuk. Kursinya udah goyang goyang diganjel aneka macam, ada yang AC nya ga dingin, atau bocor. Ada yang pintunya ga rapet jadinya kalo ujan lo duduk deket pintu ya udah basah (gue pernah dan jadinya gue payungan dalam bus #truestory). Trus itu, abangnya gokil. Dari beberapa bulan terakhir udah 2 - 3 kali gue naik trus busnya kecelakaan mulai dari ngebaret mobil, mecahin kaca transjakarta, sampe yang beneran tabrakan ampe ringsek. Herannya semuanya selesai begitu aja, paling berhenti 10 menit trus dengan muka lempeng jalan lagi. Kenek dan supir lempeng, penumpang juga lempeng. I was like wut.... tapi lama-lama biasa, mungkin emang udah kebal karena keseringan (?)

Yaa pokoknya begitulah perjalanan gue mencari rute commuting paling enak. I finally found my perfect commuting route. It is tiring indeed having to commute back and forth every day but oh well we all got to strive a bit in life right? ;)